Maqam #4 - Ridha

Orang selalu ingin berada di zona nyaman. Saat dia berada di zona tersebut, dia merasa bahwa dia berada dalam keridhaan Ilahi. Sedangkan berada di luar zona tersebut dia merasa sedang dihukum.

Kenyataan kehidupan berkata lain. Ada tiga jenis ketidak-nyamanan kehidupan, yaitu musibah akibat kesalahan kita sendiri, fitnah yang merupakan ujian keteguhan akan pilihannya dan bala yang merupakan ujian kenaikan tingkat untuk semakin didekatkan kepada Allah SWT.

Sikap individu dalam menangani masalah pun berbeda-beda sesuai dengan maqamnya masing-masing. Namun bagi yang sudah memahami bahwa dia hanyalah hamba atas Rabbul alamin, tentunya akan selalu berusaha mensikapi dengan keridhaan atas semua peristiwa yang terjadi, termasuk ketidak-nyamanan. Dia menyadari bahwa semua ujian itu adalah untuk menaikkan derajadnya. Oleh karena itu dia akan selalu berusaha untuk menjalankan suatu tanggung jawabnya dengan sungguh-sungguh, karena untuk mendapatkan kelulusan bahkan hadiah Ilahi atas perjuangannya.

Jadi benarlah informasi malaikat Jibril (a.s.) yang menjelaskan perihal akhlak ridha kepada Nabi Muhammad (s.a.w.): Orang yang ridha adalah orang yang tidak murka kepada tuannya, apakah dia memperoleh dunianya atau tidak; dan dia tidak rela dirinya menjalankan suatu tanggung jawab sekedarnya.

Mutiara Papahan, 22 Rajab 1444 H

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Jawa Menjelaskan Hakekat Manusia

Menyaksikan Keberadaan Rabbul 'alamin

Sugeng Kondur Bapak (Bapak Mas Supranoto)