Allah Adalah Sang Raja (Islam Itu Universal)




Al Malik berarti Sang Penguasa. Dia disebut sebagai Sang Penguasa, karena memang Dia betul-betul menguasai segala aspek, berarti kalau Dia menetapkan segala sesuatu pasti terjadi.
Untuk memahami makna penguasaan ini kita ambil contoh kita punya tangan, tangan kita hanya bergerak bilamana ada kekuatan. Kekuatan ini meliputi tangan, bukan sekedar di atas tangan. Dan sebaliknya, tangan tidak mampu menggerakkan kekuatan. Berarti kekuatan itu di atas tangan. Demikian pula kehendak, kehendak berada di atas kekuatan. Bisakah kehendak langsung memerintahkan kepada tangan? Tentu tidak bisa, contoh orang lumpuh. Hal ini berlaku untuk makhluk.
Sedangkan Allah tidak sama dengan makhluk-Nya. Jadi Allah meliputi segala sesuatu bermakna Dia bisa memerintahkan kepada segala sesuatu, termasuk langsung memerintahkan tangan manusia untuk bergerak. Dengan demikian Dialah Penguasa sejati, Dialah Sang Penentu. Inilah yang mestinya dipergunakan untuk memahami makna “istiwa”.
QS An Naas 114 ayat 2: Raja manusia.
QS Al Mu’minuun 23 ayat 116: Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Ilah selain Dia, Rabb (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia.
Meski KekuasaanNya mutlak, namun Dia tidak sewenang-wenang.
QS Al Hasyr 59 ayat 22-24: Dialah Allah Yang tiada Ilah selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Dialah Allah Yang tiada Ilah selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.
Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
Dia menguasai segala waktu dan tempat.
QS Al Fatihah 1 ayat 4: Yang menguasai di Hari Pembalasan.
QS Al Jumuah 62 ayat 1: Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orang Jawa Menjelaskan Hakekat Manusia

Menyaksikan Keberadaan Rabbul 'alamin

Sugeng Kondur Bapak (Bapak Mas Supranoto)